Sabtu, 30 Juli 2016

Menjadikan Hp Android Sebagai Scanner

Menjadikan Hp Android Sebagai Scanner Saat ini penggunaan Smartphone berbasis android sangat umum digunakan, dan siapapun memilikinya dari anak anak sampai orang dewasa, namun ada beberapa orang yang belum mengetahui bahwa hp android milik mereka dapat digunakan sebagai scanner, jadi dengan itu anda tidak perlu mengeluarkan budget yang lumayan untuk membeli sebuah scanner.

Membuat Android Jadi Scanner

Gambar diatas merupakan contoh hasil dari scanning kertas hanya menggunakan hp android dan ingat tanpa sebuah alat scanner yah. Lalu apa itu scanner?. Scanner merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengubah sebuah kertas yang berbentuk hard copy menjadi soft copy, dengan kata lain kertas yang tadinya berbentuk materi dan dapat disentuh setelah menggunakan scanner maka kertas tersebut akan dikonversi menjadi kode kode atau dengan kata lain Scanner akan membuat duplikat dari kertas tersebut yang berbentuk soft copy sehingga memungkin kita untuk mengupload file kertas tadi ke internet atau membagikannya ke teman kita, yang bisa berupa file pdf gambar ataupun dokumen.


membuat android jadi scanner

Cara Scan Kertas Menggunakan Android

Selain itu jika kita telah mendapat soft copynya maka kita juga dapat mengubahnya kembali menjadi hardcopy seperti semula yang dapat kita sentuh dan raba yaitu dengan menggunakan printer.
Dan kabar baiknya ternyata hp android yang kita gunakan sehari hari dapat dijadikan sebagai scanner, yaitu dengan menginstall aplikasi tambahan nama aplikasinya adalah CamScanner yang dapat didownload langsung di GooglePlay Store secara gratis.

 


Berikut ini merupakan langkah langkah bagaimana cara menjadikan hp android anda menjadi sebuah scanner
1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah download terlebih dahulu aplikasi Camscannernya disini, setau saya memang ada aplikasi lain yang memang memiliki fungsi yang sama yaitu menjadikan hp anda menjadi sebuah scanner, namun menurut saya aplikasi inilah yang terbaik karena fiturnya juga banyak dan tentu saja gratis.

2. Kemudian langkah selanjutnya yaitu siapkan kertas yang akan discan, lalu buka aplikasinya, seperti yang anda lihat pada screenshot bagian 1 diatas yang terdapat gambar logo kamera, nah jika anda ingin langsung men-scan kertas, sentuh pada logo tersebut, namun jika anda sudah mempunyai file gambar kertas yang sebelumnya telah anda foto dan ingin discan maka anda cukup sentuh pada logo 3 titik lalu pilih import from galery.

3. Nah jika anda ingin menyimpan file kertas yang telah anda scan tadi menjadi file pdf silahkan sentuh pada logo/tulisan pdf maka file tersebut akan tersimpan pada folder internal/camscanner tetapi jika anda ingin menyimpannya sebagai file gambar atau pdf maka tekan pada gambat file lalu pilih save to gallery seperti pada screenshot  diatas bagian 2.

Nah bagaimana mudahkan cara membuat hp android menjadi sebuah alat scanner, dengan itu admin ucapkan selamat yah bagi yang sudah berhasil membuat scanner sendiri.

Artikel Terkait

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email