Minggu, 24 Juli 2016

Tutorial Konfigurasi Network/IP Camera Edimax-IC 3140W Lengkap PDF


Tutorial Konfigurasi Network/IP Camera Edimax-IC 3140W Lengkap PDF

Tutorial Konfigurasi Network/IP Camera Edimax-IC 3140W Lengkap PDF Selamat malam kawan kawan pada kesempatan kali saya akan sharing mengenai bagaimana sih cara mengkonfigurasi IP Camera atau Network Camera Edimax dengan tipe IC-3140W, Tutorial ini berformat PDF yang bisa anda download dibawah.
Sebenarnya tutorial ini tadinya akan admin tulis langsung diblog namun dikarenakan materinya terlalu banyak akhirnya admin menentukan untuk mengeditnya saja dan memotong beberapa BAB, karena sebenarnya materi konfigurasi IP Camera ini merupakan materi laporan admin pada saat Prakerin jadi bisa dipastikan tutorial ini sangat panjang dan lebar hehehe dan lengkap deh pokoknya.
Tutorial ini berisi proses persiapan, proses konfigurasi baik itu network, storage maupun motion detection dan tidak lupa admin juga menyisipkan proses pemantauan apabila proses konfigurasi telah selesai seperti cara memantau IP Camera melalui Smartphone dan lain lain nah berikut ini sedikit kutipan dari tutorial konfigurasi IP Camera jangan lupa link ada dibawah postingan.



3.5 Pengkonfigurasian IP Camera
Berikut merupakan langkah langkah pengkonfigurasian IP Camera, yang telah penyusun uraikan dibawah ini meliputi peralatan, persiapan, konfigurasi network, konfigurasi storage dan konfigurasi motion detection.

3.5.1 Peralatan
1.    Satu unit IP Camera Edimax type IC-3140W IP Camera yang akan digunakan sebagai alat pemantau sebuah area yang memerlukan pengawasan.


Gambar 3.6 IP Camera device

2.    Kabel jaringan
Kabel jaringan berfungsi untuk menghubungkan ip camera dengan Komputer, biasanya kabel ini tersedia bersama ip camera didalam kardus.


Gambar 3.7 Kabel jaringan

3.    Satu unit Komputer
Komputer dengan jenis desktop ataupun laptop yang akan digunakan untuk mengkonfigurasi IP Camera dan memantau area yang telah berhasil dipasangi IP Camera.

3.5.2 Persiapan   
1. Langkah pertama yaitu memasangkan kabel adapter power agar IP Camera dapat segera beroperasi, kabel adapater power dipasangkan kepada connector adapater yang terdapat pada panel bagian belakang IP Camera, lalu steker dipasangkan ke stop kontak yang memiliki daya listrik.

Gambar 3.8 Menghubungkan Adapter Power

2. Jika IP Camera telah beroperasi langkah selanjutnya yaitu memasangkan kabel jaringan, pasangkan satu ujung kabel jaringan ke konektor ethernet pada ip camera dan satu ujung lagi dipasangkan ke konektor ethernet pada Komputer.

Gambar 3.9 Menghubungkan Kabel Jaringan

3. kemudian langkah selanjutnya yaitu mengkonfigurasi ip address agar Komputer dapat terhubung ke ip camera, perlu diperhatikan setiap ip camera mempunyai ip default, username dan password default yang berbeda sesuai dengan produsennya masing masing.

Gambar 3.10 Konfigurasi IP Address

4. catatan saat proses konfigurasi ip address jika ip default dari sebuah ip camera adalah 192.168.2.3 maka agar dapat terhubung, ip address pada komputer harus dikonfigurasi menjadi 192.168.2.xxx dengan kata lain IP address komputer harus sesuai dengan range dari IP Address yang dimiliki ip camera.

5. langkah selanjutnya setelah konfigurasi ip address yaitu memastikan bahwa komputer telah terhubung dengan IP Camera yaitu dengan mengetes ping dari komputer ke IP Camera.

versi lengkapnya silahkan download pada link dibawah

DOWNLOAD PDF

Artikel Terkait

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email