Sabtu, 13 Agustus 2016

Gaya Gesekan Yang Menguntungkan dan Merugikan Dalam Kehidupan Sehari Hari


Gaya Gesekan Yang Menguntungkan dan Merugikan Dalam Kehidupan Sehari Hari Dengan Contohnya Ada gaya yang merugikan tetapi ada juga yang menguntungkan, berikut ini adalah beberapa contoh gaya gesekan yang merugikan dan menguntuntungkan dalam kehidupan sehari hari yang telah admin rangkum masing masing menjadi empat poin.


Gesekan yang merugikan beserta cara menguranginya


#1. Pada mesin mobil dapat ditemukan oli hal itu dilakukan secara sengaja supaya permukaan permukaan dari mesin mobil terpisah oleh oli sehingga tidak saling bergesekan secara langsung antara satu sama lain. Jika pada mesin mobil tidak diberikan oli maka bagian bagian mesin akan bergesekan satu sama lain secara langsung sehingga hal ini menyebabkan mesin mobil cepat panas dan dalam waktu singkat mesin mobil akan rusak.

#2. Engsel-engsel pintu yang ada pada rumah anda biasanya diberi minyak secara berkala hal ini bertujuan untuk mengurangi gesekan pada engsel saat digunakan, dengan itu engsel akan bertahan lama dan tidak menimbulkan bunyi ketika digunakan.

#3. Permukaan jalan dilapisi aspal hal ini bertujuan untuk menurangi gaya gesekan antara ban mobil dengan permukaan jalan, dengan itu maka mobil dapat melaju dengan mulus dan cepat.

#4. Bentuk mobil sebenarnya dibentuk sedemikian rupa demi mengurangi gaya gesekan udara atau hambatan udara yang bekerja pada mobil, mobil yang didesain untuk mengurangi hambatan udara sehingga dapat bergerak lincah dengan kelajuan tinggi mobil jenis ini disebut mobil aerodinamis.
Gaya Gesekan Yang Menguntungkan dan Merugikan

Gaya gesekan yang menguntungkan


#1. Dapat berjalan ditanah, pastinya anda dapat berjalan diatas permukaan tanah hal ini disebabkan oleh karena adanya gaya gesekan antara tanah dan telapak kaki anda, dapat anda bayangkan begitu sulitnya ketika kita berjalan dipermukaan yang licin tanpa adanya gaya gesekan sedikitpun hal itu hampir mustahil.

#2. Dapat membawa buku yang ditaruh ditangan kemana saja, pada saat anda membawa buku ditangan anda maka pada saat itu terjadi gaya gesekan antara telapak tangan dengan buku yang anda bawa, sehingga dengan mudah anda dapat membawanya kemana saja.

#3. Penerjun dapat mendarat dengan selamat gesekan udara mampu memperlambat kelajuan gerak penerjun sehingga penerjun dapat mendarat dengan selamat.

#4. Ban mobil dibuat bergerigi agar gaya gesekan antara ban dengan jalan cukup besar hal ini dimaksudkan agar mobil tidak slip atau tergelincir ketika melalui jalan yang licin.


Artikel Terkait

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email