Rabu, 03 Februari 2016

cara intip lalu lintas data orang lain yang terhubung ke wifi/hotspot

nah jadi kamu mau tahu cara mengetahui lalu lintas data teman kamu yang ada dihotspot mu, hmm tapi kenapa, ada beberapa alasan yang memungkin kamu ingin mengetahui lalu lintas data orang lain yaitu :



1. kamu adalah orang tua yang ingin memonitoring aktivitas anaknya di internet.
2. kamu berbagi WiFi dengan tetangga kamu dan ingin mamantau aktivitas mereka.        
3. kamu kepo kepada teman mu yang sering ikut koneksi WiFi di rumah kamu.

berikut ini adalah tiga cara untuk mengetahui lalu lintas data orang lain yang ada di area Wifi kamu. Namun, diantara tiga cara ini semuanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing masing. tapi saya sarankan gunakan lah cara ini hanya pada jaringan yang kamu miliki karena kalau kamu menggunakannya dijaringan umum itu namanya tidak etis dan tentu saja kamu akan berhadapan dengan masalah hukum :D.

#1 WireShark

Wireshark adalah aplikasi populer yang dirancang khusus untuk menangkap paket data secara real time, dan software ini dirancang khusus untuk memonitoring aktivitas browsing pada jaringan,
Setelah kamu memulai aplikasinya, wireshark akan menunjukkan alamat IP dari semua perangkat yang ada pada jaringan kamu. Cukup pilih satu - saja mana yang ingin kamu monitoring dan wireshark pun akan memulai sesi capture paket data. dan anda akan melihat keluar masuk paket data secara realtime  dari target.

cdn.ttgtmedia.com


ketika aplikasi sedang menangkap paket-paket dari perangkat lain, pastikan mode promiscuous dalam keadaan ON dan atur filter untuk permintaan HTTP. kamu dapat menemukan pengaturan ini di bawah menu pilihan di layar awal.

KELEBIHAN : Dengan aplikasi ini, kamu dapat menggali banyak informasi yang berguna dan memberikan alat yang sangat baik untuk administrator jaringan.

KEKURANGAN : kamu harus membeli adaptor WiFi terpisah untuk menggunakan wireshark dalam mode promiscuous (yaitu memonitor lalu lintas perangkat lain). Hal ini karena sebagian besar produsen mengunci paket data pada tingkat hardware, untuk menghindari penyalahgunaan. 

#2 OpenDNS

Ini adalah solusi yang paling populer selain Wireshark. Dan logika di balik penggunakan OpenDNS itu sederhana. Semua lalu lintas data pada jaringan kamu akan melewati Router yang kemudian menyebarkannya melalui penyedia DNS isp, untuk menerjemahkan nama domain ke alamat IP yang sama. 
Jadi, jika kamu mengganti DNS default yang disediakan (biasanya ISP) dengan dns milik OpenDNS, maka kamu dapat dengan mudah memantau lalu lintas jaringan, Yang harus kamu lakukan adalah mengubah pengaturan DNS router kamu dan membuat account gratis di Open DNS.

KELEBIHAN : cara kerja yang baik dan mudah dalam penggunaan, bahkan untuk orang non-IT sekalipun dapat melakukannya. bahkan dengan OpenDNS kamu dapat memblokir situs-situs seperti facebook twitter bahkan layanan seperti BBM pun dapat di hentikan di seluruh jaringan. wow

KEKURANGAN : kamu tidak dapat melihat lalu lintas data secara real-time,

#3 zANTI (android)

Zanti adalah aplikasi sederhana dari Wireshark yang dibuat khusus untuk Android. Tapi yang terbaik dari aplikasi ini adalah, kamu tidak perlu membeli peralatan jaringan untuk menangkap lalu lintas data .

Yang perlu kamu lakukan adalah menginstal aplikasi ini di perangkat Android kamu. Dan aplikasi ini akan mulai memindai jaringan dan menampilkan daftar perangkat yang terhubung. Pilih salah satu yang ingin di monitor dan aplikasi ini akan mulai memata-matai target.

Zanti menangkap semua lalu lintas HTTP dari perangkat target secara real time. Namun, jika kamu ingin melihat lalu lintas HTTPS hidupkan jalur SSL, 

KELEBIHAN : Sederhana dan mudah digunakan. dapat menangkap paket data ditambah dengan banyak fitur lainnya. bahkan bisa mencegat username dan password dari beberapa situs yang kurang aman.

KEKURANGAN : Membutuhkan root acces.

Artikel Terkait

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

3 komentar

5 Februari 2016 pukul 06.57 delete

Zanti, ane baru tau ada aplikasi kyk gt,nice share gan,bisa buat bahan blog ane :)

Mampir ya gan texnologger.com

Reply
avatar
5 Februari 2016 pukul 06.57 delete

Zanti, ane baru tau ada aplikasi kyk gt,nice share gan,bisa buat bahan blog ane :)

Mampir ya gan texnologger.com

Reply
avatar