Kamis, 07 April 2016

Cara Membuat Efek Long Shadow (bayangan) Pada CorelDRAW X7

Cara Membuat Efek Long Shadow (bayangan) Pada CorelDRAW X7 - Halo kawan kawan yang lagi belajar coreldraw x7, setelah sekian lama saya tidak ngepos dikarenakan ada berbagai kesibukan didunia nyata pada kesempatan kali ini saya akan meluangkan waktu untuk membuat postingan mengenai cara membuat efek longshadow pada coreldraw x7.

long shadow effect

udah pada taukan apa itu efek long shadow atau bayangan panjang, yah kurang lebih efek long shadow itu seperti gambar diatas, nah bagi anda yang sedang mempelajari cara buat gambar flat design biasanya efek long shadow menjadi ciri khas dari gambar flat design lohh, berikut ini tutorialnya.


  • seperti biasa pertama tama buka aplikasi coreldraw x7 kesayangan anda lalu buatlah sebuah objek kemudian warnai objek tersebut sesuai keinginan anda dan jangan lupa usahakan objek tersebut sudah memiliki background atau latar belakang supaya nantinya efek long shadow terlihat lebih jelas..
  • setelah objek selesai di buat dan telah memiliki background, langkash selanjutnya yaitu duplicate objek tersebut, (maksudnya dicopy objek tersebut biar jadi dua), loh kenapa kita harus duplikat objek?. nanti deh jawabannya hehe.
  • nah setelah anda memiliki dua objek dengan bentuk yang sama, pertama tama kita akan mengatur terlebih dahulu objek yang pertama, dan yang satunya simpan saja dipinggir atau dimana saja karena objek tersebut nak digunakan diakhir acara.
  • baiklah klik objek menggunakan picktool setelah itu klik extrude tool lalu pilih extrude (lihat gambar)
  • nah langkah selanjutnya lihat pada gambar yang ditandai dengan (dua)  pada preset pilhlah kemana arah bayangan yang anda inginkan.


  • setelah anda menentukan arah dari bayangan objek langkah selanjutnya lihat gambar berikut karena saya sendiri tidak tahu bagaimana cara untuk menjelaskannya hehehe. 

  • jika anda telah mengikuti tutor pada gambar diatas dan tentunya objek telah menjadi panjang maka langkah selanjutnya yaitu klik pada object lalu pilih break extrude group apart gak usah pake screenshoot ya mudah koq (yang ini penting tak boleh kelewat). 
  • nah sekarang anda bisa memilih warna dari bayangan objek, pilih aja warnanya sekarang atau atau nanti juga boleh.
  • lalu langkah selanjutnya klik pada picktool lalu klik weld (lihat gambar)


  • nah sampai padatahap diatas sebenarnya anda telah berhasil membuat bayangam dari objek tapi ada langkah selanjtunya, untuk membuat efek longshadow kita jadi keren maksimal berikut ini tutorialnya, seperti biasa pertama klik terlebih dahulu objek menggnakan pick tool lalu klik pada transparency tool, lalu arahkan pointer ke bayangan yang telah kita buat tadi lalu klik dan tahan ibaratnya kita lagi mendrag sesuatu, arahkan lah sesuai keinginan dan sesuai selera. 

nah yang terakhir yaitu silahkan tarik objek tadi yang kita abaikan kearah bayangan dan jangan lupa sesuaikan dengan bayangan yang telah kita buat, berikut hasilnya dan satu lagi jika anda ingin mengatur transparansi dari bayangan coba tarik angka nol tersebut menjadi 123 dan seterusnya. 

efek long shadow

sekian terimakasih yaquul.com

Artikel Terkait

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email