Kamis, 11 Februari 2016

Perbedaan IP Private Dengan IP Public Dalam Dunia Jaringan

montgomerytxcomputerrepair.com

IP Address merupakan sebuah alamat setiap perangkat jaringan yang berupa 4 blok angka, pada setiap blok diisi oleh angka 0-255, Tetapi didalam dunia jaringan ada yang disebut dengan namanya IP Private dengan IP Public lalu apa perbedaanya mari kita simak disini.

IP Private Adalah


 IP Private merupakan IP Address yang digunakan setiap komputer dalam sebuah jaringan yang bersifat private, atau jaringan yang berskala kecil misal ketika anda membuat sebuah jaringan peer to peer antar dua komputer, nah pada saat itu biasanya anda akan memberikan IP Private dengan Network yang sama kepada dua komputer tersebut.misal IP Address yang digunakan untuk IP Private 192.168.1.2, lalu kenapa IP Private dinamakan dengan IP Private, Karena IP jenis ini tidak dapat diakses secara global oleh internet dan yang hanya dapat mengakses nya hanyalah komputer yang satu jaringan saja dengannya.

IP Public Adalah 

IP Public sebenarnya kebalikannya dari IP Private, kalau misalnya IP Private hanya dapat diakses oleh orang orang yang berada dalam jaringannnya saja lain halnya dengan IP Public, IP Public dapat diakses oleh siapa saja secara global via internet, atau dengan kata lain IP Public merupakan IP Address yang langsung terhubung ke internet misal IP Address yang dimiliki oleh sebuah web server, sebenarnya IP Public dapat berupa Statik atau Dinamik, IP Statik biasanya digunakan untuk sebuah web server, VPN Server dan lain lain, bayangkan saja kalau misalkan sebuah web server menggunakan ip dinamik. betapa sulitnya ketika kita akan mengakses web tersebut karena setiap hari atau bahkan setiap jamnya ip nya akan berubah-ubah. nah untuk IP Public Dinamik biasanya digunakan oleh Provider internet seperti indosat, telkomsel, xl dan lain lain. misal ketika anda terhubung ke internet secara otomatis anda akan mendapatkan ip public meskipun sebenarnya anda tidak memiliki ip public itu secara seutuhnya. Tapi anda hanya mengakses internet via IP Public dari Operator anda. analoginya IP Public itu seperti nomor telepon anda yang dapat ditelepon oleh siapa saja.


Artikel Terkait

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

11 Februari 2016 pukul 19.22 delete

hehehe ane kadang salah kaprah kirain sebaliknya. update lagi gan aye tunggu.

kunjungi balik ya gan opsmovie.blogspot.com makasi hehehe

Reply
avatar
11 Februari 2016 pukul 21.59 delete

siapp gannfollow juga yah nantiane follback asal kbarin ane hehehe

Reply
avatar